Hal yang harus dihindari pada saat ingin belajar

Sunday, December 15, 2013

 Nah ngaku hayoo, siapa yang sama dan sering yang dilakukan seperti dibawah ini. Judulnya sih belajar, bawa buku setumpuk dan peralatan pendukung untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Kalau di film kartun sering ada tulisan, beberapa jam kemudian, tapi nyatanya…eng ing eng tugas gak kelar juga setelah duduk sekian lama di kursi dan meja belajar. 

Sebenarnya kita menyadari bahwa hal tersebut mengganggu aktivitas belajar. Namun, godaan untuk nyuekin tugas lebih kuat dibandingkan niat awal untuk belajar. Sehingga membuat kita mengabaikan tugas yang sudah diambang pulpen eksekusi guru atau dosen.
Beberapa hal di bawah ini yang biasa bikin acara belajar jadi berantakan.

1. Media Sosial: Facebook, twitter, pinterest, google+, dll
Yap, betul sekali. Media sosial memiliki andil sangat besar untuk mengalihkan perhatian kita dari rencana semula untuk belajar. Oleh karena itu, sebaiknya ketika belajar jauhi media sosial pembawa nikmat sesaat. Bagi sebagian orang, belajar sambil facebook-an atau menggunakan media sosial lainnya dapat membuat semangat belajar naik lagi. Tapi perlu digarisbawahi hal demikian sangat rentan dengan godaan untuk menunda sesi belajar dan malah asyik bersosial media.

2. Alat Komunikasi: Handphone, Ipad, Tab
Selain sosial media, alat komunikasi juga memegang peran penting dalam penundaan bahkan tidak dikerjakan sama sekali tugas yang diberikan guru atau dosen. Sebaiknya saat belajar jauhi alat komunikasi yang dimiliki untuk sementara. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalam alat komunikasi rentan menggoda kita untuk menunda waktu belajar.

3. Organisasi
Ya, organisasi! Organisasi apapun yang diikuti baik di sekolah maupun di kampus bisa membuat jadwal belajar berantakan. Biasanya pada jam sekian sudah dialokasikan untuk belajar namun tiba-tiba ada panggilan untuk rapat atau menyelesaikan tugas yang diberikan senior. Gagal deh rencana belajarnya dan tugas pun terbengkalai.

4. Menunda
Kebiasaan buruk ini yang paling sering hinggap pada semua manusia. Menunda tugas yang diberikan dosen atau guru karena waktu masih panjang atau alasan lain yang biasanya hanya sebagai alibi karena tidak ingin mengerjakan tugas yang diberikan. Sebaiknya segera kerjakan tugas yang diberikan selagi kita bisa dan mampu. Karena menunda akan mengganggu proses selanjutnya yang harus dikerjakan.
Masih banyak hal lainnya yang dapat mengganggu proses belajar. Sebaiknya hindari dulu hingga belajar selesai. Tugas cepat selesai dan kegiatan lainnya bisa dilakukan.

 Nah itu dia yang harus anda semua ketahui, bagi yang masih pelajar (statusnya) khusunya. sekian dulu Postingan saya kali ini mungkin bermanfaat dan bisa diamalkan


You Might Also Like

0 komentar

Mari beri kritik dan saran untuk kemajuan bersama