Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigitan Lebah, Nyamuk, Semut dan serangga lainnya

Monday, January 27, 2014



Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigitan  serangga  - Tips untuk menghilangkannya - Dampak sengatan serangga

 

Pernahkah anda mengalami digigit oleh serangga ? Misalnya digigit Lebah, tawon, semut dan sejenis serangga yang sering kita jumpai dan sering menjahili manusia .. Berikut akan kita bahas cara mengatasi dan dampak dari sengatan atau gigitan dari serangga tersebut. Tetap stay disini dan jangan pindah ke channel lain, he..he,,he.. Sabar ya kita bahas satu persatu. 


========================================================================
Sebelum kita mengetahui cara mengatasi sengatan atau gigitan dar serangga tersebut, kita harus ketahui terlebih dahulu termasuk dibagian apa serangga yang menyegat kita, mari kita simak dari penjelasan berikut, untuk menambah wawasan kita yang pastinya.
========================================================================
Sumber     -   Wikipedia.  

  • Serangga (disebut pula Insecta, dibaca "insekta") adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang bertungkai enam (tiga pasang); karena itulah mereka disebut pula Hexapoda (dari bahasa Yunani yang berarti "berkaki enam")
    Kajian mengenai peri kehidupan serangga disebut entomologi Serangga termasuk dalam kelas insekta (subfilum Uniramia) yang dibagi lagi menjadi 29 ordo, antara lain Diptera (misalnya lalat), Coleoptera (misalnya kumbang), Hymenoptera (misalnya semut, lebah, dan tabuhan), dan Lepidoptera (misalnya kupu-kupu dan ngengat). Kelompok Apterigota terdiri dari 4 ordo karena semua serangga dewasanya tidak memiliki sayap, dan 25 ordo lainnya termasuk dalam kelompok Pterigota karena memiliki sayap .
    Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Ukuran serangga relatif kecil dan pertama kali sukses berkolonisasi di bumi. 
========================================================================

Nah Setelah anda tahu apa itu serangga, selanjutnya kita akan membahas CARA MENGATASI GIGITAN SERANGGA
  1. Mengobati Gigitan Serangga



Pengobatan yang paling penting untuk gigitan serangga adalah untuk membersihkan luka.
Jika ada serpihan serangga tertinggal di dalam luka, ambil hati-hati dengan kuku atau pinset. Kemudian bersihkan gigitan menggunakan sabun dan air atau tisu alkohol.
Pembengkakan dapat dikurangi segera setelah tergigit dengan menutupinya dengan kompres dingin seperti es dibungkus dalam kain (tapi jangan menempel es langsung pada kulit).
Pembengkakan dari gigitan mungkin memerlukan waktu lebih dari seminggu untuk mengecil dan mungkin tetap gatal selama beberapa hari.
rasa gatal dan pembengkakan bisa diatasi dengan krim anti-histamin untuk gigitan dan sengatan. Obat minum anti-histamin ("tablet hayfever") juga dapat membantu terutama bila tergigit beberapa lokasi.
Cobalah untuk tidak manggaruk area gigitan karena dapat meningkatkan rasa gatal dan dapat menyebabkan gigitan tersebut terinfeksi oleh bakteri.
Konsultasikan dengan dokter jika:
  • Rasa sakit bengkak atau sangat parah sehingga mengganggu gerakan atau tidur
  • Pembengkakan terus memburuk lebih dari satu hari setelah gigitan
  • Gigitan tampaknya terinfeksi

berikut cara alami mengobati gigitan serangga : 
1. Es batu Anda bisa mengobati bekas gigitan serangga itu dengan es batu. Es merupakan solusi mudah dan cepat untuk mengurangi peradangan. 

2. Pasta gigi Biasanya orang memakai pasta gigi pada saat menggosok gigi. Namun ternyata, pasta gigi juga bisa Anda gunakan untuk mengobati bekas gigitan serangga. Mengoleskan sedikit pasta gigi pada bekas gigitan serangga membantu mengurangi iritasi. Rasa mint dan peppermint merupakan pasta gigi yang paling efektif untuk mengobati gigitan serangga. 

3. Obat kumur Selain pasta gigi, obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk mengobati bekas gigitan serangga. Obat kumur mengandung antiseptik yang bisa membantu mencegah infeksi bekas gigitan. Cara memakaikannya, rendam kapas dalam obat kumur, lalu tempelkan pada bagian yang terkena gigitan serangga. Dengan begitu, rasa gatal dan nyeri akan segera reda. 

4. Cuka Pasta gigi untuk mengobati gigitan serangga


5. Minyak atsiri Minyak atsiri atau esensial merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi gigitan serangga. Beberapa jenis minyak atsiri yang bisa Anda gunakan, antara lain lavender, tea tree, peppermint, dan minyak kayu putih. Anda bisa meneteskan 1-2 tetes minyak, lalu dioleskan ke bagian yang digigit. Lakukan selama 3 hai agar rasa sakit dan gatal itu segera hilang. 

6. Baking soda Anda bisa mencampurkan baking soda dan air hingga mengental menjadi pasta, lalu oleskan pada bagian yang digigit serangga. Diamkan selama 30 menit – 1 jam, setelah itu cucilah dengan air hangat. 

7. Lumpur Sangat aneh kedengarannya jika mengobati gigitan serangga dengan lumpur. Namun, cara ini merupakan pengobatan kuno dan bisa digunakan jika Anda tak menemukan obat lain. Caranya, Anda bisa langsung mengoleskan lumpur ke bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan hingga lumpur mengering. Ketahuilah bahwa cara ini bisa mengurangi iritasi dan pembengkakan. Itulah cara alami mengobati gigitan serangga. Jadi, segera obati dengan cara alami di atas jika Anda digigit oleh serangga. Jangan menyepelekannya karena bisa membahayakan kesehatan. 
 ========================================================================

 Penutup
Semoga cara mengatasi serangga ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi yang masih terkait dengan GIGITAN Serangga, silahkan anda lihat artikel yang tak kalah menariknya di blog saya dengan bermacam Topik. Selamat beraktivitas kembali. Salam Hangat dari saya.

You Might Also Like

0 komentar

Mari beri kritik dan saran untuk kemajuan bersama